Kamis, 26 Mei 2011

Manfaat Blogwalking






Sebagai blogger, tentu kita sering membaca di kotak shoutbox, cbox, shoutmix. “ Blogwalking, kunjungi balik, gan… ; Blogwalking, numpang lewat; Blogwalking, drop here..; dsb. “ Berbagai macam sapaan dari para blogger setiap blogwalking untuk meninggalkan jejak. Sedangkan arti blogwalking adalah berkunjung ke blog milik blogger lain dengan meninggalkan jejak berupa sapaan seperti tersebut di atas. Blogwalking sering dilakukan oleh blogger pemula seperti saya, dengan maksud agar blogger yang blognya telah kita kunjungi, balik berkunjung ke blog saya, sehingga dapat meningkatkan traffic blog saya. Dan ternyata Blogwalking sangat ampuh untuk promosi blog baru.
Blogwalking mempunyai beberapa keuntungan bagi blogger pemula, adapun keuntungan blogwalking antara lain:

1. Sebagai sarana promosi;
Sebagai blogger baru, maka diperlukan suatu promosi secara besar-besaran agar blog baru yang kita miliki lebih dikenal oleh para blogger lain. Semakin banyak kita melakukan blogwalking, maka peluang blog kita dikenal oleh blogger lainnya semakin besar.

2. Dapat meningkatkan traffic blog;
Di dalam dunia blogger, terdapat suatu aturan yang tak tertulis. Setiap kita mengunjungi blog milik blogger lain dan ” tentu saja kita harus meninggalkan jejak berupa komentar dan alamat URL blog kita “, maka pemilik blog yang telah kita kunjungi tersebut akan berkunjung balik ke blog kita. Sehingga traffic blog kita akan terus meningkat seiring dengan jumlah blogwalking kita ke blog lain. Kalau anda menginginkan agar blog dikunjungi setiap hari 100 kali kunjungan, maka sebaiknya melakukan blogwalking sekitar 100 kali ke blog lain.

3. Mendapatkan ilmu baru;
Setiap kita melakukan blogwalking ke beberapa blog, usahakan untuk membaca postingan pada blog tersebut. Dari beberapa blog yang kita kunjungi, masing-masing blog mempunyai suatu tema yang berbeda-beda. Sehingga kita akan mendapatkan suatu ilmu atau pemahaman baru mengenai suatu tema yang berbeda dengan tema blog kita. Blogwalking juga merupakan salah satu cara untuk mencari sumber inspirasi dalam membuat postingan di blog kita

4. Mempererat jalinan persahabatan;
Buatlah daftar kunjungan ke blog-blog lain dan lakukan blogwalking ke blog tersebut secara rutin dan berkala. Apabila hal tersebut dilakukan maka akan terbentuk suatu jalinan persahabatan karena mereka akan menerima ajakan untuk tukar link guna mempererat jalinan persahabatan. Kalau beruntung, kita akan mendapatkan backlink dari blog yang ber PR lebih tinggi dari blog kita, sehingga kemungkinan akan menaikkan page rank blog kita.
Blogwalking, siapa takutttttttt…
[Sumber:http://intuisiblog.com/2010/05/manfaat-blogwalking/]

2 komentar:

  1. waaah nice posting, semangat terus nge blog nya, postingannya
    sangat memberikan referensi yang baik
    kalau sempat silahkan berkunjung ke blog saya
    http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

    terimakasih ^^

    BalasHapus
  2. sangat menarik postingnya salam kenal aja trims

    BalasHapus

yang mau komen ala komentator di raja gombal silakeunnn..