Selasa, 19 April 2011

[TIPS] Cara Sederhana Menemukan Ide Tulisan ^^


[TIPS] Cara Sederhana Menemukan Ide Tulisan ^^
oleh HSWC - Heart and Soul writing Community pada 11 April 2011 jam 20:14


Bagaimanapun juga menulis suatu novel, cerita pendek ataupun sekedar blog perlu penggalian ide.

 Ide untuk kita kembangkan menjadi sebuah tema yang akan kita angkat menjadi sebuah tulisan. Banyak cara menggali ide dan memantau ide tersebut layakkah masuk sebuah tulisan baru.

Berikut adalah 5 tips sederhana yang efektif untuk menggali ide tulisan:
Perlu diingat penggalian ide tiap personal berbeda dan bisa jadi bersebarangan, jadi gunakan tips yang saya sebutkan ini sebagai media pembanding, akan tetapi kalau ternyata kebetulan sama metodenya…well, just go on maaann!)


  • Mendengarkan Musik
    Anda bisa mendengarkan musik apa aja dan biarkan imajinasi berkembang … Ketika musik dan imajinasi sudah klop biasanya akan muncul ide ide segar.
Musik oke ala saya: David Foster, Richard Clayderman, Metallica, Il Divo, Josh Groban, Green Day, Metallica, Bon Jovi, Beethoven, Chopin, etc.
  • Menonton Film
    Banyak sekali film yang bisa memberikan imajinasi kita tentang sebuah topik tulisan.
Film oke ala saya: Trilogi Lord of the Rings, Bourne Trilogy, Mean Girls, Pretty Woman, No Reservation, Legend of the Fall, The X Files: Fight the Future, 21, Pride and Prejudice, The Brothers Bloom, Chuck, White Collar, etc. I’m a movie freak!
  • Ngobrol / Chit-chat
    Ngobrol dengan siapapun kapan pun dimanapun, anda bisa ngobrol via media social (Twitter, Facebook) maupun nggobrol langsung dengan orang orang disekitar kita.
Temen ngobrol oke ala saya: murid-murid di sekolah. Beneran! Remaja seringkali punya ide yangout of the box and beyond the limit. Saya selalu suka berlama-lama ngobrol sama mereka saat istirahat ^^v
  • Browsing
    Bagi sebagaian orang cara ini adalah cara termudah dan tercepat menggali tulisan, dengan browsing membaca beberapa situs kita secara otomatis mendapatkan bahan atau ide tulisan baru, kita bisa mengembangkan atau menanggapi hal yang sedang kita baca2 sewaktu browsing
Situs oke ala saya: Wikipedia (banget!), Four Shared, Indowebster, Manga Fox, The Blog of Cassey Bunn, Bukabuku, etc.
  • Istirahat
    Terkadang dengan istirahat akan banyak memunculkan ide-ide baru. Karena tubuh kita bukan mesin. Adakalanya kita perlu me-refresh tubuh dan pikiran kita setelah beberapa otak ‘dipaksa’ memunculkan ide. Istirahat atau rehat adalah metode yang saya sering gunakan ketika ide tidak kunjung kita dapatkan.
Istirahat oke ala saya: bikin manga, main keyboard, baca diary jadul, daydreaming, en … TIDUURR!!! (apalagi kalo plus mimpi keren ^___^)

Well, itulah beberapa langkah sederhana untuk memunculkan ide menulis. Oya, tips ini juga berlaku buat kalian yang sedang berusaha berdamai dengan writer’s block. Semoga bermanfaat and have a nice try guys …
Luv,
Admin Syahidah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang mau komen ala komentator di raja gombal silakeunnn..