Rabu, 06 April 2011

MENGENAL SEDIKIT TENTANG ESAI

oleh Penerbit Azam Jaya Press pada 04 April 2011 jam 14:26

 Dalam dunia tulis-menulis kita sering sekali menemukan istilah-istilah dasar mengenai tulisan atau penamaan bentuk tulisan. Pembagian model tulisan tersebut mempunyai tujuan hanya ingin menempatkan sebuah tulisan pada porsinya. Yang mana ada gaya tertentu dalam megekspresikan tulisan. Salah satu dari tulisan tersebut ialah esai. Banyak orang yang bertanya, sejatinya apa yang dimaksud dengan esai, dan seperti apa bentuk esai itu? Untuk menelaah lebih dalam ruang lingkup esai, maka tinjauan yang dimunculkan harus lengkap, karena kadangkala esai bisa berfungsi sebagai gaya penulisan yang multifungsi, ia bisa ditempatkan dimana saja. Karena esai lebih bersifat pencurahan sudut pandang personal dari setiap penulis. Esai juga bisa dijadikan sebagai senjata tajam untuk mengkritik suata permasalahan, atau menanggapi suatu pembahasan. Menurut KBBI, esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Menurut kamus Webster’s (essay) adalah: a short literary composition of an analytical, interpretive, or reflective kind, dealing with its subject in a nontechnical, limited, often unsystematic way and, usually, expressive of the author’s outlook and personality. Menurut ilmu jurnalistik, esai adalah tulisan berupa pendapat seseorang tentang suatu permasalahan ditinjau secara subyektif dari berbagai aspek/bidang kehidupan.

Esai yang multifungsi, ternyata dikenal bukan hanya dalam dunia sastra melainkan dunia non-sastra juga. Esai juga berarti karangan prosa yang membahas suatu ruanglingkup permasalahan apa saja, yang aktual dari setiap objek yang ada, entah itu sosial, budaya, ekonomi, filsafat, dan sebagainya. Tulisan-tulisan yang dimunculkan cenderung bersifat pribadi, sesuai dengan karakter si penulis. Pendapat yang dimunculkan dalam esai lebeh cenderung pribadi pula, dimana pembaca seakan-akan digiring untuk masuk ke alam pikiran si pembuat esai, untuk meyakini dan mengikuti, atau mempunyai kesepakatan pendepat. Esai cenderung singkat, padat, dan pembahasannya tidak melebar. Karena fokus pada satu tujuan objek sasaran—HARAM hukumnya jika esai dalam penulisnya bertele-tele. Jadi benar-benar harus menukik. Lantas ekspresi seperti apa yang dituangkan dalam penulisan esai? Pilihan gaya bahasa berututur di esai penulis mempunyai hak penuh untuk mengeksplor semua apa yang ia inginkan, berbagai macam ekspresi, seperti masalah intonasi menulis, apakah bernada marah, sindiran, jenaka, atau apa itu bentuknya. Semuanya ditentukan sendiri oleh penulis. Namun, kadangkala sering sekali orang menulis esai dengan bentuk sindiran, jenaka, padahal isinya adalah kritikan pedas. Tetapi ada juga yang memilih dengan gaya serius, dan mengalir (enak dibaca). Dari semua penjelasan ini, dapat disimpulkan secara singkat, esai mempunyai ciri khas seperti demikian, singkat, jelas, padat, fokus pada sasaran objek, dan gaya penulis ditentukan oleh penulisnya.
Sebuah esai dasar bisa dibagi menjadi tiga bagian yaitu:
  • Pertama, pendahuluan yang berisi latar belakang informasi yang mengidentifikasi subyek bahasan dan pengantar tentang subyek yang akan dinilai oleh si penulis tersebut.
  • Kedua, tubuh esai yang menyajikan seluruh informasi tentang subyek.
  • Ketiga, adalah bagian akhir yang memberikan kesimpulan dengan menyebutkan kembali ide pokok, ringkasan dari tubuh esai, atau menambahkan beberapa observasi tentang subyek yang dinilai oleh si penulis.[1]
Di samping itu, esai dalam produk karya sastra—pada dasarnya merupakan ulasan dari keberadaan karya sastra tersebut, baik dari intrinsiknya maupun ekstrinsiknya, sebagai karya sastra yang perlu diperhatikan kehadirannya oleh masyarakat pembaca. Mengulas produk karya sastra bisa dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu, apresiasi, resensi, dan kritik. Berdasarkan tersebut, jangkauan esai terhadap karya sastra pada dasarnya dapat disajikan dalam tiga tipe, yaitu sebagai berikut:
  1. Esai Apresiasi adalah esai yang mengutamakan ranah kognitif, yaitu yang mengetahui memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik yang terdapat dalam karya sastra.
  2. Esai Resensi adalah esai yang mengutamakan pada ranah afektif meliputi; penilaian tentang kualitas karya sastra atau kualifikasi, berupa kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan karya sastra dari segi intrinsik dan ekstrinsiknya.
  3. Esai Kritik adalah esai yang mengutamakan tinjauan pada unsur kekurangan karya sastra dari segi intrinsik dan ekstrinsik dengan tujuan untuk memberikan saran perbaikan kepada penulis.[2]

Penilaian terhadap karya sastra yang bersifat lengkap dan menyeluruh adalah kritik karena di dalamnya sudah tersirat unsur apresiasi dan resensi. Oleh karena itu, pembahasan atau penulisan esai terhadap karya sastra lebih mengutamakan pijakan pada unsur kritik sastra. Hal ini mengakibatkan istilah kritik dan esai sastra menjadi lebih populer atau memasyarakat.[3]

Jika dipetakan mengenai langkah-langkah membuat esai, bisa dirunut sebagai berikut:
  1. Menentukan tema atau topik
  2. Membuat outline atau garis besar ide-ide yang akan kita bahas
  3. Menuliskan pendapat kita sebagai penulisnya dengan kalimat yang singkat dan jelas
  4. Menulis tubuh esai; memulai dengan memilah poin-poin penting yang akan dibahas, kemudian buatlah beberapa subtema pembahasan agar lebih memudahkan pembaca untuk memahami maksud dari gagasan kita sebagai penulisnya, selanjutnya kita harus mengembangkan subtema yang telah kita buat sebelumnya.
  5. Membuat paragraf pertama yang sifatnya sebagai pendahuluan. Itu sebabnya, yang akan kita tulis itu harus merupakan alasan atau latar belakang alasan kita menulis esai tersebut.
  6. Menuliskan kesimpulan. Ini penting karena untuk membentuk opini pembaca kita harus memberikan kesimpulan pendapat dari gagasan kita sebagai penulisnya. Karena memang tugas penulis esai adalah seperti itu. Berbeda dengan penulis berita di media massa yang seharusnya (memang) bersikap netral.
  7. Jangan lupa untuk memberikan sentuhan akhir pada tulisan kita agar pembaca merasa bisa mengambil manfaat dari apa yang kita tulis tersebut dengan mudah dan sistematis sehingga membentuk kerangka berpikir mereka secara utuh.[4]

Jadi di lihat dari berbagai macam penjelasan tersebut, maka pendeknya—esai adalah sebuah model tulisan yang bisa ditempatkan di mana-mana, dan esai bersifat lugas, dan tegas, layaknya tulisan ilmiah. Cuman bedanya satu hal, sebagaimana bentuk pengungkapan sastra lainnya, esai tidak memikirkan kebenaran data dan fakta, karena yang menjadi tujuan utama oleh sang penulis adalah menanamkan kesan yang dalam di dalam diri pembaca, terhadap pikiran atau perasaan yang disampaikannya. Namun, kadangkala esai juga butuh kebenaran data dan fakta, ketika kita menanggapi suatu masalah yang berhubungan dengan data, seperti anggapan kita akan dunia politik, dan menanggapi sebuah pemikiran orang lain. Esai kalau dipikir-pikir memang mirip dengan cerpen, tapi bertolak belakang, cerpen lebih kepada gaya penulisan fiksi sedangkan esai non-fiksi (antara dunia khyal dan bukan khayal). Tapi itu tak sepenuhnya menjadi tolak ukur. Intinya esai merupakan sebuah serentetan kata yang disusun oleh sang penulis, dalam menanggapi suatu hal masalah, disampaikan secara jelas, dan tidak bertele-tele—sesuai dengan karakter penulis. Harus bisa membedakan mana cerpen[5], mana esai[6], dan mana artikel[7].

Daftar Pustaka
Asul Wiyanto, Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (untuk SMA dan MA), (Jakarta: Grasindo),
Sri Sutarni, S.Pd. dan Drs. Sukardi, M.Pd., “Bahasa Indonesia 3 (SMA kelas XII)”, (Quadra: Jakarta), 2008
http://id.wikipedia.org/

Contoh Esai:
http://www.aswabmuallif.co.cc/2010/09/tuhan-juga-cemburu.html
http://www.aswabmuallif.co.cc/2010/09/pesantren-pendidikan-asli-bangsa.html


[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Esai
[2] Sri Sutarni, S.Pd. dan Drs. Sukardi, M.Pd., “Bahasa Indonesia 3 (SMA kelas XII)”, (Quadra: Jakarta, 2008), hlm. 160
[3] Ibid
[4] http://id.wikipedia.org/wiki/Esai
[5] Cerita pendek atau sering disingkat sebagai cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif. Cerita pendek cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi yang lebih panjang, seperti novella (dalam pengertian modern) dan novel. Karena singkatnya, cerita-cerita pendek yang sukses mengandalkan teknik-teknik sastra seperti tokoh, plot, tema, bahasa dan insight secara lebih luas dibandingkan dengan fiksi yang lebih panjang. Ceritanya bisa dalam berbagai jenis. (http://id.wikipedia.org/wiki/Cerita_pendek)
[6] Esai adalah suatu tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya. (http://id.wikipedia.org/wiki/Esai)
[7] Secara konkrit, bagaimanakah biasanya sebuah artikel ditulis? Artikel paling mudah ditulis dengan metode induksi atau deduksi. Dalam metode induksi, penulis berangkat dari sebuah contoh khusus, misalnya kasus korupsi untuk membuat kesimpulan yang bersifat umum tentang gejala korupsi. Dalam metode deduksi, penulis menggunakan cara kebalikan dari induksi, yakni menggunakan sebuah gejala umum untuk membuat kesimpulan terhadap contoh khusus. Misalnya, penulis menunjukkan bagaimana amburadulnya pengaturan lalulintas di suatu tempat, lalu gejala umum tersebut digunakan untuk menyimpulkan bahwa sebuah contoh kecelakaan lalulintas merupakan akibat dari gejala umum tersebut. (PANDUAN LENGKAP MENULIS ARTIKEL, FEATURE DAN ESAI UNTUK PEMULA, Dikutip dari hand-out F. Rahardi)

TERIMAKASIH...
SEMOGA BERMANFAAT.....

2 komentar:

  1. Ada beberapa laporan yang beredar bahwa DRB Hicom-sedang mencari kemitraan strategis dari mobil Jepang akhir-akhir ini, dan kami hanya menerima kabar bahwa kesepakatan sekarang di tempat. Review Mobil Proton Indonesia Terbaik akan bekerja sama dengan Honda untuk mengembangkan peningkatan teknologi dan jajaran produk baru, serta berbagi platform dan fasilitas.

    Setelah Anda tahu apa yang akan menjadi permainan terbesar di dunia online saat ini, sekarang saatnya untuk beralih ke cloud dedicated server murah untuk memperoleh solusi yang akan memanfaatkan cloud dedicated server indonesia. saya memberikan Rekomendasi untuk Cloud Dedicated Server Terbaik dan Termurah di Indonesia. Ribuan perusahaan besar mendesain ulang solusi hosting mereka untuk menggabungkan keuntungan yang tercantum di atas, yang saat ini fitur cloud dedicated server terbaik dapat menemukan kembali cara Anda meng-host.
    Info lebih lanjut :

    Review Mobil Proton Indonesia Terbaik http://www.hanivinside.net/2014/08/review-mobil-proton-indonesia-terbaik.html

    Cloud dedicated server murah http://www.hanivinside.net/2014/09/cloud-dedicated-server-terbaik-termurah.html

    Cloud dedicated server indonesia http://www.hanivinside.net/2014/09/cloud-dedicated-server-terbaik-termurah.html

    Cloud dedicated server terbaik http://www.hanivinside.net/2014/09/cloud-dedicated-server-terbaik-termurah.html

    BalasHapus
  2. Sebuah pencerahan yang bagus, penuturannya jelas.
    Terima kasih 😊

    BalasHapus

yang mau komen ala komentator di raja gombal silakeunnn..