Selasa, 29 Maret 2011

BE BALANCE!!

oleh Anna Oktaviana pada 14 Oktober 2010 jam 7:09

Pernah gak kalian merasa hidup kita gak berguna??
Pernah gak kalian merasa semua yang kita lakukan semua salah di mata ayah?? Ibu?? Sodara2?? Teman? Sahabat?? Juga pacar??
Pernah gak kalian merasa pengen ilang dari dunia ini?

Pernah ga kalian merasa kalian benci sama diri kalian?
Pernah gak kalian merasa gak napsu makan?? Bingung mau kemana?? Diajak becanda bawaannya sensi?? Dinasehatin dipikir nyindir??

Nah, itu tanda2 kalian mulai ngerasa makin GAK NGERTI dengan DIRI kalian SENDIRI!
Kalian musti HATI-HATI!!

Pernah gak kalian ngerasa cemburuan sama temen? Sodara? Pacar??
Pernah gak kalian ngerasa hidup gak adil??
Pernah gak kalian bertanya “KO GW SIH??”
“KNAPA MUSTI GW??”

Nah, ini pertanyaan menjurus kalian makin ngerasa IDENTITAS KALIAN ILANG!!

Tenang, gw juga pernah ngerasain itu ko… gw juga manusia biasa..

Kenapa ya itu semua terjadi??
Sebelum gw jawab, gw mau ngasih tau kalian “APA ITU BALANCE”,
Kalian pasti pernah denger dan bahkan tau apa itu SEIMBANG… tapi gak semudah yang diucapkan, gak semudah ditulis dan gak seperti makan bakso yang sekarang di masukkin mulut, dikunyah trus ditelen gitu aja… ya kan??

Gw juga baru belajar, karena ilmu itu baru gw terima, baru aja gak nyampe sehari,, nah kalo’ menurut yang gw tau, ILMU itu musti DI BAGI biar kita tambah pinter dan ILMU itu bisa di nikmati banyak orang..

Gw baca buku “Hafalan sholat Delisa”, baru beberapa bagian dari buku itu aja gw mau nangis, terhenyak dan tersentak hati gw… kemudian gw juga baca buku “tentang hidup”.. semua ter-compare dan sangat sinkron, langsung gw bertanya jujur sama hati gw,, “apa bener begitu??”

Kita sebagai manusia di ciptakan Allah swt. untuk beribadah dalam bentuk apapun, dalam hal apapun, bagaimana pun caranya…
Toh, ga ada sesuatu yang PASTI di dunia ini,, karena kepastian itu hanya MATI dan ketidakpastian itu sendiri..

Kalo’ Allah hanya meminta kita beribadah teruuuusss dalam artian sebenarnya “SHOLAT, DZIKIR, PUASA, SEDEKAH, dll”
Kenapa ada ilmu??
Karena Allah ingin kita berusaha dan menggali hidup ini, agar kita bisa belajar IBADAH yang sebenarnya..
Banyak yang Allah janjikan dalam ayat-ayat cintaNya,,
-          Ibu yang sedang melahirkan tetapi meninggal di tengah pengorbanannya Allah mengganjarkan surga…
-          Pelajar yang berniat sekolah sejak dari keluar pintu rumah sampai ke sekolah, ayah ibu yang bekerja menjemput nafkah untuk anak istrinya di hitung sebagai Jihad fi sabilillah…
-          Memberi makan fakir miskin Allah juga menjanjikan kebaikan..
-          Menjodohkan dua manusia sampai akhirnya menikah,, Allah menjanjikan istana di surga..
-          Menikah saja pun menyempurnakan keimanan kita…
-          Dan masih banyak lagi yang lainnya..

Kita manusia memiliki keterbatasan dan tidak semua manusia itu sama, tergantung semua pada hati di dalam dada mu.. meski kau simpan rapat-rapat Allah tau apa yang tersembunyi di dalam nya…
Tapi jgn jadikan keterbatasan kita sebagai inhibit, penghalang dan tameng untuk tidak melakukan apapun, untuk menyakiti orang lain, menyalahkan orang lain dan mengasihani diri kita yang sudah hina ini..

Berarti HIDUP itu harus ada dunia dan akhirat,, yakni
-          Jangan terlalu fanatic terhadap agama hingga saudara2 mu yang lain dianggap rendah, dianggap payah, diaanggap bodoh, dianggap salah dan kalian lah yang paling benar..
-          Karena agama diciptakan sebagai pendamai, penyejuk, pelurus, penolong, juga  obat seperti dalam arti kata nya itu sendiri “ISLAM”..
-          Jangan terlalu yakin yang kalian jalani benar,, WHY?? Karena kita butuh Allah,, jika hati mu bimbang datang lah padaNYA, minta petunjuk padaNYa, mohon pertolonganNYA… Tapi jika kamu terlalu yakin maka kalian menghilangkan KEBUTUHAN kalian terhadap ALLAH..
-          Jangan berfikir teralu banyak, jangan merasa beban mu terlalu berat, jangan merasa hanya kalian yang merasakan semuanya… tapi semua ada porsinya kawan,, jika semua sesuai porsinya kalian gak akan capek sendiri, kalian gak akan merasa hidup ini adil…
-          Ingat, ada dunia yang harus kalian genggam dan ada akhirat kalian di hati.. artinya berusaha lah semampumu, jangan bandingkan dengan orang lain walaupun rumput tetangga lebih hijau dipandang.. Berfikirlah semampu kalian jangan terlalu keras terhadap dirimu sendiri walaupun yang kalian inginkan tidak kalian dapatkan, karena ALLAH tidak member apa yang kamu INGINkan tapi ALLAH memberi apa yang kamu BUTUHkan,,
-          Kalian boleh ko' egois dengan diri kalian sendiri, maksudnya begini ketika berteman kalian boleh tidak menepati janji dengan kawan2 yang hanya ngajakin kumpul2, main seharian gak ada juntrungan Cuma untuk senang2.. knapa??
Karena kawan yang baik adalah kawan yang mengajak pada kebaikan, juga gak harus sama2 terus kan??? Masa iya mentang-mentang sohib peer dibuatin alias nyontek?? Masa iya mentang-mentang sohib kemana2 musti se-gank???
Emang kalo’ teman kalian dapat nilai jelek temen yang satu gank nya bisa bantu naikin tuh nilai?? Emang kalo’ kalian masuk neraka temen kalian mau ikutan?? GAK KAN??
Nah, kalian boleh ko’ mikirin diri kalian sendiri,, bahkan HARUS!!
Knapa??
Karena hidup kalian ditentukan oleh kalian sendiri, kalian butuh menyendiri dan mengerti diri kalian,, yakin deh ketika kalian punya waktu untuk diri kalian sendiri dan keluarga ketika bertemu teman-teman sekalai2 itu jauh lebih bermanfaat..
-          Dunia ini LUAS kawan, banyak hal bisa kalian temui walau sendiri, banyak pemandangan yang bisa kalian syukuri dan semakin merasa diri kalian kecil dan tidak ada apa2nya..
-          JANGAN TAKUT MASA DEPAN!!
Kenapa??
Karena ketika kalian takuti masa depan, maka saat itu juga kalian menutup masa depan kalian sendiri dengan ketakutan kalian sendiri,,
Karena kalian gak akan tau dengan siapa kalian menikah??
Karena kalian gak akan tau besok akan jadi apa?? Punya banyak uang kah?? Punya kerjaan kah??
-          Jangan merasa minder dengan teman2 kalian dengan IP 4.. teman2 yang berkuliah di Universitas negri ternama.. teman2 yang punya mobil, motor, rumah dsb…
why??
Karena masa depan hanya ALLAH yang tau.. berusahalah semampumu,, kita lihat sajalah beberapa tahun ke depan akan jadi apa teman2 mu yang kalian irikan itu… apa teman kalian yang punya IP 4 itu akan jadi milyarder dengan kesehatan yang baik dan punya keluarga sakinah mawaddah warrahmah dan sempurna??
Atau tidak??

So,,
Seimbang itu ada di tengah, tidak memihak, tidak terlalu dan tidak berlebihan. Tempatkan posisi kalian sesuai porsinya..
1.       Jadilah Orang tua yang adil, bijak dan hangat untuk keluarga, istri dan anak2, agar kalian bisa bangun dengan senyum mengembang dan bersyukur…
-          Memiliki istri yang cantik menurutmu dan terbaik menurut ALLAH,, suami yang ganteng dari pandanganmu dan terbaik untuk menjadi imam mu di mata ALLAH..
-          Memiliki anak2 yang cerdas bukan dari nilai (angka) saja tapi kecerdasan dalam hidup, bisa “survive” di duniaNYA,, bisa bermanfaat untuk lingkungan di sekitarnya, bisa menyejukkan ketika hati kalian penuh dengan permasalahan di tempat kerja..
-          Walaupun tak punya uang bertumpuk2, rumah bertingkat2, tanah berhektar2, tapi yakinlah dengan kekayaan yang kalian miliki sekarng ALLAH menguji kalian,, apakah kalian bersyukur dan merasa cukup??
2.       Jadilah pelajar yang mengagungkan ASMA nya,, penuh syukur, semangat dan pantang menyerah..
-          IP 4 atau nilai bukan ukuran, tapi kecerdasan mu dalam memilih teman adalah yang terbaik.. kecerdasanmu dalam melihat masalah yang ada di dalam diri dan hidupmu juga lingkungan sekitarmu itu yang terbaik…
-          Masa depan jgn difikirkan sekarang jack,, jalani aja dengan sungguh2 maka hasil akhir akan terlihat.. Let it flow, like water… jangan melawan arus tapi buatlah arus yang mengikuti mu dengan caramu..
-          Hasil akhir memang yang diharpkan tapi yang terpenting PROSES menuju hasil, ga peduli seberapa banyak input yang masuk tapi kalau proses tidak kuat maka hasil akhir akan “NOL”
-          Teman yang baik bukan yang selalu ada, tapi yang selalu BUTUH.. ketika kalian di BUTUHkan maka 1 hal yang pasti kalian di ingat.. juga ketika kalian BUTUH membantu teman walau pun teman kalian tidak pernah ingat kalian,, tidak dekat dengan kalian itu juga menambah 1hal yaitu pahala..

TIPS lain: SEBAIKNYA……
-          Jangan terlalu dekat dengan seseorang karena ketika titik jenuh sudah tepat di posisinya maka yang ada hanya pertengkaran, perdebatan dan saling membenci..
-          Jangan terlalu baik, karena baik itu posisinya di tengah, tidak memihak dan tidak akan dimanfaatkan orang lain..
-          Jangan cuek terhadap lingkungan, karena kalian pst membutuhkan lingkungan kalian suatu saat..
-          Satu lagi, jangan jadi PARASIT,, memanfaatkan orglain hanya untuk kepentingan diri sendiri..

Okay, semoga semua ini bermanfaat buat kalian yang membacanya..
So, be BALANCE!!
And show the WORLD who you are!!
SHOW your smile in your face, your mind and your heart… maka bebanmu akan hilang.. karena dengan senyum sudah mengurangi beban itu 45%nya,,


I Love You All because Allah….


©Sabil Ananda_Be Balance
oktavianaa@yahoo.coom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang mau komen ala komentator di raja gombal silakeunnn..