Rabu, 09 September 2009

POJOK KULINER JOGJA

Kalau anda penggemar SOTO atau SOP dan GULE, maka Jogja adalah tempat soto/ sop berkumpul. Tetapi berbeda dengan konsep Soto dan sop di Jakarta, dimana kalau di Jakarta kata Soto konsepnya adalah dengan santen dan sop adalah tanpa santen, Sedangkan di Jogja tampaknya soto dan sop bisa saja dengan/ tanpa santen. Umumnya harga bervariasi dibawah 10 ribu rupiah dengan nasi, kecuali sop buntut yang memang agak mahal.

Inilah list tempat Soto di Jogja:

  1. Soto Ayam Miroso, terletak di Jalan Solo buka dari pagi hari jam 6 s/d jam 9 malam. Jadi kalau kita datang dari jakarta dengan pesawat pagi jam 6 dan tiba di Jogja jam 7, maka Miroso adalah tempat yang strategis karena lurus dari airport kearah kota, dan seblum masuk kota ada disebelah kanan jalan. Soto ayamnya panas dan gurih, apalagi kalau dicampur dengan bergedel tambahan, dan tahu atau tempe bacem….wah nikmat, dan murah….
  2. Soto Madura Cak ALIM, juga terletak di Jalan Solo dari airport sekitar 5 menit disebrang Hotel Quality Jogja. Yang terkenal adalah soto daging sapi campur telor, harganya hanya Rp 8.500 dan daging sapinya tebal dan bersih dari lemak. Tempat paling favorit kalau cari soto yang enak dan bebas lemak….
  3.  Soto Kudus, terletak di Jalan Monjali (monumen Jogja kembali) kira kira 10 menit kalau dari kota Jogja (Tugu). Letaknya disamping pom bensin Monjali. Dengan bentuk seperti Rumah Asli Kudus yang memang dibeli dan dipindahkan dari Kudus ke Jogja. Sotonya adalah soto ayam campur dengan mihun, jadi harus ditambah bergedel atau tempe goreng kering supaya nikmat. Harganya juga hanya Rp 8.500 jadi enak dan murah…
  4.  Sop Ayam Pak Min, jenisnya adalah air sop diberi daging ayam, makannya harus panas2, dibarengi dengan tempe/ tahu goreng yang tersedia. Harganya tergantung daging ayam yang anda pilih, tetapi paling mahal adalah 10 ribu. Lokasi karena sudah jadi Franchise bisa di Jalan Kali Urang, ada di Jalan Solo, dan ada di Monjali.
  5.  Sop Buntut Sederhana, yak betul ini Sederhana restoran Padang di jalan Kali urang, tetapi jangan tertipu dengan lauk pauk Padang lainnya, karena sifat sop buntut ini adalah lauk tambahan maka harganya relatif miring hanya sekitar Rp 13.500 tetapi rasanya lamak nian. Jadi kita bisa makan di resto padang tetapi yang diorder adalah sop buntut, mungkin ini hanya ada di Jogja.
  6.  Soto Daging Sapi Pak Soleh, lokasi di Maguwo sebelum Musium Diponegoro, tetapi cabangnya juga ada di mana2, Kita akan diberikan kuah soto dan nasi dengan daging sapi sedikit, jadi harusnya kita tambah dengan mengambil daging sapi yang kita inginkan lalu akan dipotong kecil2 sehingga terasa nikmat.
  7.  Soto Bangkong Semarang, lokasi di jalan Magelang sekitar 10 menit dari pusat kota. Kalau anda pernah ke Semarang dan makan Soto Bangkong maka anda akan tahu nikmatnya. Dasarnya adalah Soto Ayam tetapi dicampur dengan mihun dan bumbu khas soto bangkong. Makannya harusnya dengan tempe goreng panas. Wah, mak nyos rasanya..
  8. Sop dan Gule Jamur di Jejamuran, lokasi di Jalan Magelang lampu merah ketiga dari kota lalu belok kanan. Bumbu gule atao sop tetapi isinya diganti dengan Jamur, rasanya seperti daging ayam, kalau gule pedasnya ya pedas gule tetapi isinya jamur, bukan daging.  Buat yang vegetarian dan gak suka daging2an maka anda pasti akan menikmati Resto Jejamuran ini. Buat kita yang non vegetarian, tentu Jamur adalah variasi sehat dari makanan daging atau ikan yang kita konsumsi sehari hari.
  9.  Sop Buntut Jawa Timuran di Rek Arek, lokasi di Jalan Affandi (dulu Gejayan) tanya saja di Gejayan resto Rek Arek semua orang tahu. Anda bisa menikmati makanan Jawa Timuran seperti Rujak Cingur, dan juga Sop Buntut yang khusus dimasak dengan bumbu Jawa Timuran.
  10.  Sop Kepala Ikan Kakap, di Resto Gulai Kepala Ikan di Kauman samping RS PKU Muhammadiyah, atau Jl Parang Tritis. Bisa dibuat dengan bumbu Tomyum atau Gule. Harganya sekitar Rp 12.500 sangat murah dibanding Sop Kepala Ikan di Jakarta yang bisa 75 ribu per porsi.


Jadi mau coba yang mana, Soto ayam, soto sapi, Sop ayam, sop ikan, sop buntut, gule jamur……semua ada di Jogja dengan harga yang tidak merobek kantong.  Going to Jogja anyone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang mau komen ala komentator di raja gombal silakeunnn..